Posts Subscribe comment Comments

Scroll Bar Untuk Label Yang Memanjang


Selama ini saya kurang sreg (nyaman) dengan label/kategori (default blogger) yang memanjang dan hal ini akan bertambah panjang lagi seiring dengan bertambahnya label/kategori postingan kita. Setelah sekian lama saya mencari dan bertanya kepada Mbah Google, akhirnya saya menemukan juga tips Scroll Bar Untuk Label Yang Memanjang tersebut pada blog Anak Nias in Blogging. Dengan tips tersebut, label/kategori yang memanjang ke bawah dapat diperpendek dengan scroll bar sesuai kebutuhan dan keinginan kita sehingga dapat menghemat space side bar blog. Jika tertarik silakan ikuti tipsnya bersama Tips dan Trik Blog berikut ini.


Memang tips ini tidak diperlukan lagi jika kita sudah mempunyailabel cloud atau label flash yang juga mempunyai tampilan lebih hemat ruang/tempat. Namun bagi kita yang belum mempunyainya, kita dapat mencoba membuat label default blogger Anda menjadi lebih pendek dengan memanfaatkan scroll bar.
Langkah-langkah membuat scroll bar untuk label default bloggeradalah sebagai berikut.
1. Login ke http://blogger.com hingga masuk Dasbor >> Tata Letak (layout) >> tab Edit HTML.
2. Centangi Expand Template Widget.
3. Kemudian cari dan temukan kode widget label/kategori, kurang lebih seperti di bawah ini.


Keterangan :
Kode yang berwarna merah berfungsi membuat daftar (bullet). Lebih lengkap tentang bullet dapat dilihat di sini.
Kode title='Kategori' banyak ditemui dengan title='Label',tergantung masing blogger dalam menamainya.
4. Ganti kode <ul> menjadi <ul style="height:200px;width:210px; overflow:auto;"> sehingga selengkapnya menjadi seperti di bawah ini.





Keterangan :
Anda dapat mengganti ukuran tinggi dan lebar sesuai kebutuhan & keinginan masing-masing dengan merubah angka pada height danwidth dalam ukuran pixel.
Jika Anda ingin mengganti dengan penomoran angka, Anda dapat mengganti <ul style="height:200px;width:210px; overflow:auto;">menjadi <ol style="height:200px;width:210px; overflow:auto;">.
5. Kemudian Simpan Template
6. Selesai
Sekarang, pastikan Anda telah mendapati perubahan pada label/kategori yang ada pada side bar blog Anda, yaitu simple atau lebih pendek dengan scroll bar yang berada di samping dan hal ini tentunya membuat lebih hemat spacekan! Hasilnya, dapat dilihat pada blog ini.
Jika tertarik, selamat mencoba, ya!!