Posts Subscribe comment Comments

Hard Cluster Telkomsel Adalah Pasar Monopoli

Hakikat sebenarnya dari Hard Cluster adalah menciptakan pasar monopoli yang dikamuflasekan dalam kebijakan pendistribusian stok secara akurat. Sebenarnya hard cluster adalah pasar yang sangat monopolis, kenapa dibilang seperti itu? karena pada cluster tertentu terdapat sedikit penjual (1 Dealer) dan banyaknya Pembeli (Reseller, Server dll). 
Sebagai contoh ialah wilayah kami (Cip. Muara) dimana hampir 65% persen penjualan pulsa pada cluster kami adalah penjualan Telkomsel (menurut data server kami) dengan pesaing terdekat adalah XL dan Indosat. dengan besarnya pasar yang dipegang oleh Telkomsel yaitu lebih dari 60% maka dapat kita katakan itu adalah pasar monopolis. Pada kondisi pasar monopolis, penjual dapat mengontrol pasar, efek yang paling kentara dan paling terasa adalah harga mudah dikontrol sehingga saat ini serempak naik.
Kejadian ini sangat berbeda dengan tidak adanya sistem cluster dimana para dealer operator akan terlebih dahulu melakukan negoisasi dengan pasar untuk menentukan harga jualnya. Karena jika tidak disetujui oleh pasar, maka pasar tentunya akan mencari supplier/dealer yang lainnya.
Yang dilakukan Telkomsel sungguh pintar karena mereka sadar perang sesungguhnya adalah bagaimana memenangkan hati lawan, lain hal dengan XL yang secara terang-terangan “menabuh genderang perang dengan server” tapi Telkomsel dengan propaganda “demi kepentingan bersama” berhasil mempengaruhi sehingga banyak kawan-kawan yang terpengaruh dan memberikan pernyataan kalau server akan dirangkul oleh Telkomsel. Padahal kenyataan yang terjadi adalah raja dari semua kebijakan ini adalah kepentingan itu sendiri yaitu pastinya kepentingan mereka.
Terlepas dari apakah kebijakan ini relevan dengan  distribusi stok adalah sangat sulit untuk menghitung kebutuhan pulsa pada sutu daerah tertentu. Yang pasti ialah Hard Cluster saat ini bejalan dengan sangat mulus karena mereka bisa melunakkan hati sebagian dari kita sehingga dengan mudahnya dikontrol oleh para operator.
Karena pada pasar monopolis kita berada di posisi yang lemah maka mau tidak mau kita menjadi market follower, tapi tentunya dengan sikap yang tidak lemah, tetap siaga, waspada sambil mancari celah untuk memberikan pukulan balik yang sangat telak kepada si penguasa.
Menjalankan server bagi saya bukan hanya sekedar mencari uang, tapi ini lebih kepada menjalin tali silaturahmi, baik kepada para pegawai, kawan-kawan server lainnya, dan tentunya para Reseller kami. Kami tetap yakin bahwa dengan menjalankan server kami dapat berbuat lebih banyak dari sekedar mencari nafkah bagi keluarga.
Kesimpulannya tetap semangat, keep fight until the end yakin dan teguhlah sambil mendekatkan diri kepada Penguasa Alam Semesta. Situasi di luar sama sulitnya tapi yang menentukan adalah langkah yang kita ambil.
Wallahu a’lam …
Salam hangat,





Teman kita : www.pojokpulsa.org